Bripka Sugeng Polisi yang Peduli Pendidikan, Penggagas Perpustakaan Keliling dan Taman Baca untuk Anak-Anak

Surabaya , 4 November 2021 – Secara filosofis, eksistensi fungsi Kepolisian telah ada sebelum dibentuknya organ kepolisian, karena fungsi kepolisian melekat pada kehidupan manusia, yakni menciptakan rasa aman, tenteram dan tertib dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya.

Berangkat dari filosopi tersebut Bripka Sugeng Bhabinkamtibmas Polsek Bubutan Polrestabes Surabaya menyadari, tidak hanya menjaga keamanan agar wilayah binaannya menjadi aman, tetapi ia juga harus memberikan pelayanan atau pengayoman.

Untuk hal tersebut berbagai cara mulai dari sosialisasi, Bansos, pembinaan, hingga sambang telah dilakukan oleh Bripka Sugeng Bhabinkamtibmas Polsek Bubutan, sampai suatu saat timbul dalam benaknya untuk memanfaatkan lahan kosong bekas pengolahan kayu di ujung Gang 3 Tembok Lor, Surabaya yang menjadi wilayah binaanya.

Setelah berembuk dengan pengurus kampung niatan Bripka Sugeng membuat Taman Baca terwujud pada Sabtu sore, (07/11/2020), selanjutnya Bripka Sugeng memberikan Rak etalase dan 250 buku dengan beraneka buku termasuk, buku cerita, Pengetahuan alam, Eklopedia, Sejarah dan buku buku Sains.

Mulai saat itu gemuruh suara anak-anak terdengar ramai setiap sore hari di Gang Tembok Lor III, Kampung Tembok, Kelurahan Bubutan, Surabaya, Jawa Timur, riuh suara anak-anak itu bukan sedang berada di wahana bermain atau mall tapi sedang membaca buku bacaan mereka.

Taman Baca Tembok Lor III kini menjadi arena yang mengasyikkan, buku-buku yang tersedia di taman baca kini menjadi sahabat anak-anak di sana.

Geliat suasana edukasi di Taman Baca Tembok Lor III itu tecipta berkat kerja tulus Bripka Sugeng, seorang Abdi Bhayangkara yang bertugas di Polsek Bubutan yang memiliki keinginan luhur untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Kerja ikhlas Bripka Sugeng yang ingin mencerdaskan anak Indonesia bukanlah pepesan kosong, Ia rela merogoh uang pribadinya untuk membeli buku bacaan baru untuk Taman Baca Tembok Lor III. “Jangan berhitung materi dengan ilmu pengetahuan, jika generasi penerus kita adalah orang-orang yang hebat dan pintar, kita juga yang bangga karena awalnya berkat niat keinginan diri kita,” ucap Bripka Sugeng.

Seperti pada sore itu, Pak Sugeng yang belum sampai di taman baca, Ia baru turun dari motornya kemudian berjalan santai sambil berbincang dengan dua orang bapak-bapak lainnya, tetapi sebagian anak-anak langsung berhamburan menghampirinya, menarik-narik tangannya, ada yang memeriksa tubuhnya, ada yang cerewet bertanya ingin mengetahui apakah Pak Sugeng membawa ‘teman akrab’ mereka : buku bacaan baru.

Jerih payah Bripka Sugeng ini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan diantaranya dari DR. Nasrul Syarif, M.si Penggerak Literasi Digital Nasional, : “ Yang dilakukan oleh bripka Sugeng merupakan inspirasi yang luar biasa yang bisa kita tiru bisa kita ambil dan ini adalah upaya membangun literiasi digital juga “. Ujar beliau.

“ Bripka Sugeng membantu masyarakat dengan membuat perpustakaan keliling dan membangun taman-taman bacaan diwilayah kerjanya, ini adalah salah satu bukti bahwa polisi adalah sahabat masyarakat, polisi bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat, inilah teman-teman sekalian apa yang kita tabur maka itu yang akan kita hasilkan, kalau kebaikan yang kita tabur maka akan menghasilkan kebaikan pula”, tambah Nasrul Sarif.

Ucapan terima kasih dan penghargaan terhadap Bripka Sugeng juga disampaikan oleh tokoh masyarakat Bubutan Bapak Mashoet : “ bantuan dari Bripka Sugeng Babinkamtibmas Bubutan sangat amat berguna sekali bagi adik-adik diwarga kami sehingga adik-adik bisa melancarakan niat untuk sehingga menambah wawasan mereka. @Joko_

Leave a Reply

Your email address will not be published.