BRIPKA Hefri Ardiansyah “PAK BHABIN ASYIK DAN KREATIF” asal Bondowoso - Mercusuar.news

BRIPKA Hefri Ardiansyah “PAK BHABIN ASYIK DAN KREATIF” asal Bondowoso

Surabaya, 03 Oct 2021. Bripka Hefri Andriansyah akhir-akhir ini sering diperbincangkan lantaranmemeiliki berbagai macam kreasi dan inonvasi yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dia dia bertugas.
Saat ini bripka Hefri Andriansyah menjadi bhabinkamtibmas di desa Sumber salak Kec. Curah dami Kab. Bondowoso Propinsi Jawa Timur dimana saat ini desa tersebut masih menyandang sebagai desa tertinggal, hal tersebut yang menjadi motivasi bagi dirinya untuk terus berinovasi agar predikat tersebut bisa berubah.
Pak Hefri yang akrap disebut pak bhabin itu sangat dicintai oleh masyarakatnya karena beliau memiliki kepedulian yang sangat tinggi kepada warganya.
Desa sumber salak merupakan desa pecahan dari desa pakuwesi merupakan desa yang sangat cocok untuk mengembangkan peternakan karena lokasinya secara geografis berada di lereng gunung Argopuro, melihat peluang tersebut pria kelahiran malang 15 nopember 1985 tersebut tergerak untuk merintis usaha peternakan.
“ Sejak tahun 2015 pak Bhabin mulai menggeluti peternakan sapi dan kambing secara pribadi dengan oriantasi bisnis dan mencari provit namun setelah mengikuti lomba Bhabinkamtibmas di Polda Jatim dan kalah, yang memang waktu itu Bhabinkamyibmas dari jember yang bekerja sama dengan masayarakat untuk budi-daya kambing, Setelah pulang dari lomba tersebut pak Bhabin punya niat untuk mengubah orientasi usaha peternakannya dari bisnis menjadi usaha yang beroientasi sosial kemasyarakatan melalui kemitraan dan kekeluargaan dengan warga binaanya “ ujar Bripka Hefri memulai kisahnya.
Kemudian niat tersebut diaplikasikan dengan menyerahkan pengelolaan peternakan tsb kepada masayarakat dengan cara swakelola memindahkan semua aset yang dimiliki oleh pak Bhabin untuk dikerjakan oleh masyarakat, saat itu di mulai dengan mempekerjakan 5 orang pekerja sistem gaji dan memberikan sepeda motor sehingga warga semangat.
Setelah satu tahun sistem kemitraan dengan masayakat itu berjalan dengan baik dan dapat dikembangkan sehingga pak Bhabin berupaya untuk menambah jumlah ternak, saat ini sudah mempunyai 3 kandang dengan binatang ternak dan 10 sapi dan 70 ekor kambing, dengan akomdasi 1 unit kendaraan roda 3 serta 5 unit sepeda motor.
“ Saya sangat bangga terhadap upaya inovasi dan kreasi dari Pak Bhabin yang telah berupaya membantu perekonomian warga binaanya melalui peternakan dengan sistem kemitraan dan kekeluargaan, apalagi pak Bhabin terhadap warganya memberikan diskon sampai 50 persen untuk pembelian binatang ternaknya”, Puji AKP Iswahyudi selaku Kapolsek Grujugan. @joko_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *